Kilas Artikel
Loading...
Senin, 17 Oktober 2016

Tahap-tahap transkripsi RNA



Transkripsi berlangsung dalam empat tahap, yaitu pengenalan promoter, inisiasi, elongasi, dan teminasi. Masing-masing akan dijelaskan sebagai berikut:
a.       Enzim RNA polymerase mengikat untai DNA cetakan pada suatu daerah yang mempunyai urutan basa tertentu sepanjang 20 hingga 200 basa. Daerah ini dinamakan promoter. Baik pada prokariot maupun eukariot, promoter selalu membawa suatu urutan basa yang tetap atau hampir tetap sehingga urutan ini dikatakan sebagai urutan consensus. Pada prokariot urutan konsensusnya adalah TATAAT dan disebut kotak Pribnow, sedangkan pada eukariot urutan konsensusnya adalah TATAAAT dan disebut kotak TATA. Urutan konsensus akan menunjukkan kepada RNA polymerase tempat dimulainya sintesis. Kekuatan pengikatan RNA polimerase oleh promoter yang berbeda sangat bervariasi. Hal ini mengakibatkan perbedaan kekuatan ekspresi gen.
b.      Setelah mengalami pengikatan oleh promoter, RNA polymerase akan terikat pada suatu tempat di dekat daerah promoter, yng dinamakan tempat awal polimerisasi. Nukleotida trifosfat pertama akan diletakkan di tempat ini dan sintesis RNA pun segera dimulai.
c.       Selama sintesis RNA berlangsung RNA polymerase bergerak di sepanjang molekul DNA cetakan sambil menambahkan nukleotida demi nukleotida kepada untai RNA yang sedang diperpanjang
d.      Molekul RNA yang baru saja selesai disintesis, dan juga enzim RNA polymerase, segera terlepas dari untai DNA cetakan begitu enzim tersebut mencapai urutan basa pengakhir (terminasi). Terminasi dapat terjadi oleh dua macam sebab, yaitu terminasi yang hanya bergantung kepad urutan basa cetakan (disebut terminasi diri) dan terminasi yang memerlukan kehadiran suatu protein khusus (protein rho). Di antara keduanya terminasi diri lebih umum dijumpai. Terminasi diri terjadi pada urutan basa palindrom yang diikuti oleh beberapa adenine (A). urutan polindrom adalah urutan yang sama jika dibaca dari dua arah yang berlawanan. Oleh karena urutan polindrom ini biasnya diselingi oleh beberapa basa ujung terminasi berbentuk batang dan kala (loop).

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberi komentar yang baik dan membangun. Sampaikan saran, kritik, pertanyaan, atau opini Anda. Kami akan coba lakukan yang terbaik untuk sobat Zona Biologi Kita

 
Toggle Footer